Kamis, 25 Juli 2013

Disiplin waktu dan prestasi belajar siswa

Seperti kita ketahui bahwa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa guru dan orang tua harus melakukan banyak hal. Prestasi belajar sangat penting sekali bagi siswa untuk mempersiapkan masa depan. Untuk meningkatkan prestasi belajar, siswa harus mempunyai kedisiplinan waktu yang baik.



Dalam dunia pendidikan, kedisiplinan merupakan harga mati yang harus dibayar oleh mahasiswa. Hal ini harus kita lakukan sebab pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar sangatlah besar. Ini bukanlah ancaman tetapi sekedar pengkondisian agar tumbuh dan berkembang sikap disiplin pada pola kehidupan mahasiswa. Disiplin waktu juga berpengaruh terhadap peningkatan belajar jika mahasiswa selalu terlambat dating pada waktu perkuliahan maka akan berpengaruh pada pengetahuan yang ia terima. Semakin lama ia terlambat datang maka akan semakin banyak pula ia tertinggal pada mata kuliah yang diajarkan. Kurangnya kesadaran pada mahasiswa membuat mereka menyepelekan tetang disiplin tersebut dan tanpa mereka sadari bahwa disiplin tersebut juga mempengaruhi hasil prestasi belajar mereka dan menurunnya prestasi mereka juga berpengaruh pada sumber daya manusia yang masih banyak diperlukan oleh Negara kita.

☑ Apa yang menyebabkan disiplin mempengaruhi prestasi belajar?

Untuk mengetahui apakah disiplin waktu berpengaruh pada prestasi belajar. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan maka menyadarkan pada mahasiswa bahwa pentingnya sikap disiplin di tanamkan. Orang yang disiplin sangat diperlukan oleh siapa pun. Pada dunia kerja juga memperhatikan karyawan yang memilki sikap dispilin. Agar prestasi meningkat kita harus melaksanakan disiplin yang ketat karena disiplin juga berguna bagi kita.

☑ MANFAAT PENULISAN

Agar para mahasiswa mengetahui bahwa displin sangat penting bagi diri sendiri terutama bagi prestasi belajar mereka. Dan manfaatnya juga bisa dirasakan oleh Negara karena para generasi muda memiliki prestasi yang bisa dibanggakan.
Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan atau ketertiban. Nilai-nilai tersebut telah menjadi bagian perilaku dalam kehidupannya. Perilaku itu tercipta melalui proses binaan melalui keluarga, pendidikan dan pengalaman. Prestasi belajar di bidang pendidikan adalah hasil dari pengukuran terhadap peserta didik yang meliputi faktor kognitif, afektif dan psikomotor setelah mengikuti proses pembelajaran. Jadi prestasi belajar adalah hasil pengukuran dari penilaian usaha belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, huruf maupun kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak pada periode tertentu.

Winkel (1996:226) mengemukakan bahwa prestasi belajar merupakan bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh seseorang. Maka prestasi belajar merupakan hasil maksimum yang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar.

☑ FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR

Untuk mencapai prestasi belajar siswa sebagaimana yang diharapkan, maka perlu diperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain:

- Faktor yang terdapat dalam diri siswa (faktor intern) :Faktor intern adalah faktor yang timbul dari dalam diri individu itu sendiri, adapun yang dapat digolongkan ke dalam faktor intern yaitu kecedersan/intelegensi, bakat, minat dan motivasi. Faktor-faktor yang berasal dari dalam diri anak bersifat biologis.
- Faktor yang terdiri dari luar siswa (faktor ekstern) : Faktor ekstern adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar yang sifatnya di luar diri siswa, yaitu beberapa pengalaman-pengalaman, keadaan keluarga, lingkungan sekitarnya dan sebagainya. Pengaruh lingkungan ini pada umumnya bersifat positif dan tidak memberikan paksaan kepada individu.

☑ HUBUNGAN DISIPLIN WAKTU DENGAN PRESTASI BELAJAR
Pada dasarnya prestasi belajar setiap orang itu berbeda, antara orang yang satu dengan yang lainnya itu tidak sama. Hal ini terjadi disebabkan karena adanya faktor yang ada dalam diri individu (faktor intern) dan faktor di luar individu (faktor ekstern). Dengan adanya kedua faktor tersebutlah yang dapat mempengaruhi tingkat prestasi seseorang. Disamping kedua faktor tersebut, masih ada faktor lainnya yang dapat mempengaruhi prestasi belajar seseorang, misalnya kedisiplinan waktu. Sedangkan mahasiswa yang tidak memiliki disiplin diri dalam waktu, biasanya hal ini akan membuat mereka menjadi orang yang lamban dalam menangkap pelajaran yang diajarkandikarenakan mereka sudah ketinggalan pelajaran. Tanpa adanya disiplin terhadap waktu, hal ini akan membuat mahasiswa menjadi kurang semangat dalam belajar. Dan tanpa disiplin dalam belajar tentu akan membuat siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti proses belajar mengajar. Sehingga keadaan ini akan berakibat pada prestasi belajarnya yang akan menunjukkan hasil yang kurang memuaskan

Demikianlah artikel menarik tantang hubungan kedisiplinan siswa dan prestasi belajar siswa semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar