Senin, 22 Juli 2013

Ilmu penyakit dalam yaang harus anda fahami

Seperti ketahui bersama bahwa di dalam dini medis ada berbagai macam ilmu spesialisasi misalnya ada ilmu bedah, ilmu penyakit dalam ilmu tht ilmu kulit dan lain sebagainya. Tiap tiap disiplin ilmu mendalami salah satu jenis penyaki. Dokter penyakiudalam tidak akan menagani pasien dengan msalah bedah dn sebaliknya. Namun demikian mereka akan saling bekerja sama untuk enagani satu pasien yang mempunyai masalah yang ada.

Dokter penyakit dalam dapat memilih praktik pada penyakit dalam secara umum, atau mengambil pelatihan tambahan untuk "mensubspesialisasikannya" pada salah satu dari 13 daerah penyakit dalam, umumnya disusun menurut sistem organ. Contohnya, spesialisasi jantung, yang merupakan dokter penyakit dalam yang mengkhususkan dalam berbagai penyakit jantung. Pelatihan subspesialisasi (biasa disebut "fellowship") biasanya memerlukan pelatihan tambahan 1-3 tahun sebelum menjadi residen penyakit dalam 4-5 tahun yang standar.
Terdapat badan yang mengatur subspesialisasi penyakit dalam di Indonesia, yakni Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia.
Berikut ini adalah subspesialisasi yang diakui oleh American Board of Internal Medicine.

Itulah artikle singkat tentang ilmu penyakit dalam yang harus kita fahami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar